SIAPA AULIYA'ULLAH(PARA KEKASIH ALLAH) ITU?

Bismillahi.Wahai saudaraku sekarang ini banyak sekali orang yang tidak bisa membedakan mana AULIYA'ULLAH(kekasih2 Allah) dan mana AULIYA'SYETAN.Oleh sebab itu saya paparkan sedikit tentang apa itu AULIYA'ULLAH? Auliya' itu jama'ya lafad wali,yaitu orang yang ma'rifat terhadap Allah dan sifat-sifatnya,dengan istiqomah menjalani taat,menjauhi laranganNya dan berpaling dari bujukan enaknya dunia dan syahwat.

   SYARAT-SYARAT SEORANG BISA MENCAPAI DERAJAT WALI YAITU: 
1.Mengetahui Ushuluddin(ilmu tauhid) sehinga bisa membedakan antara pencipta dan yg diciptakan(makhluk),juga antara Nabi dan orang yg mengaku Nabi.2.Mengetahui" hukum Syareat"baik secara"Naql"maupun dlm hal"pemahaman dalil"dgn perumpamaan,seandainya Allah mencabut ilmunya penduduk bumi,niscaya akan bisa ditemukan pada orang tersebut.3.Mempunyai sifat2 terpuji,seperti wira'i dan ikhlas dlm semua amal.4.Selama-lamanya dlm keadaan takut,tdk pernah merasa tenang sekejappun,karena ia merasa tdk tahu apakah tergolong orang2 beruntung ataukah orang2 celaka? (syarah kifayatul awam hl:42).

   *TANDA-TANDA SEORANG WALI* 
1.Selalu sibuk dgn Allah.2.Lari kepada Allah.3.Tujuannya hanya kepada Allah.(sirojut thalibin hl:17 juz 1). *SIFAT WALI* Seperti yg dikomentarkan para Ulama:bahwa kriteria seorang wali,harus tdk mempunyai perasaan cemas.Karena perasaan cemas itu berasal dari"penantian akan terjadinya sesuatu yg tdk disenangi"pada masa2 mendatang atau"penyesalan akan hilangnya kesenangan"pada masa2 yg sudah lewat.Sedangkan wali adalah "anak waktu" ia tdk pernah berandai-andai tentang masa2 mendatang.Sebagaimana tidak mempunyai "rasa cemas",seorang wali juga tdk punya "harapan".Karena yg namanya harapan adalah sebuah penantian akan tercapainya kesenangan atau akan hilangnya kesusahan.(Ibid).mungkin keterangan ini sudah cukup bagi kita utk membedakan mana wali dan mana yg ngaku2 jadi wali?mana waliyullah dan mana wali syetan?.Semoga catatan ini bermanfaat bagi kita semua.amiin

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama